persembahanku..

semua berawal dari keinginan yang sangat besar
untuk mengkekspresikan apa yang ada dipikiran,
di hati, lingkungan dan pengalaman diri melalui tulisan...


tulislah apa yg kau lihat..
tulislah apa yg kau rasa..
tulislah apa yg kau pikirkan..

karena dengan tulisan kau bisa merangkul isi
dunia jika kau tak mampu untuk berbicara lebih banyak..


talk less write more..!!

Senin, 20 Desember 2010

Tips merawat sepatu


Sepatu mungkin barang komplementer / pelengkap bagi kita. Akan tetapi fungsinya sangat penting sekali bagi kita dengan berbagai kegunaannya. Kadang kita gunakan saat kerja, jalan, olahraga, hingga menghadiri acara resmi sekalipun. sepatu tak bisa dipisahkan dari aktifitas kita sehari-hari, dan kadang sebagian dari kita sangat senang mengkoleksi sepatu dengan berbagai jenis bentuk dan macamnya. Dan kebanyakan dari kita hanya bisa memakainya saja, bukan merawatnya. Alhasil sepatu yang kita pakai cepat rusak atau habis nilai gunanya sebelum waktunya. Berikut adalah Tips sederhana yang mungkin bisa membuat sepatu anda akan bertahan lebih lama dan terjaga keindahannya:
-          Jika sepatu anda terbuat dari bahan kulit , simpanlah sepatu di tempat yang kering dan tidak lembab, dan hindari menjemur sepatu di bawah terik matahari langsung. Angin-anginkan saja agar sepatu tidak lembab dan berjamur. Jangan mengelap sepatu kulit dengan menggunakan air ! Gunakan bahan lembut untuk mengelapnya.

-          Untuk sepatu dari bahan suede sebenarnya hampir sama dengan bahan kulit tapi sepatu dari bahan ini dapat dibersihkan dengan cara menyikat akan tetapi memakai sikat khusus yang lembut atau juga dengan pembersih semprot khusus untuk bahan suede. Setelah dibersihkan cukup diangin-anginkan saja dan biarkan sepatu dalam beberapa menit agar benar-benar kering dan bisa di simpan di kotak sepatu yang diberi gel silica, tetapi gel ini harus di ganti dengan yang baru setiap 2 minggu sekali.

-          Khusus untuk sepatu berwarna putih, dapat di lap dengan menggunakan odol putih hingga merata agar kulit sepatu tidak pecah-pecah dan lebih awet.

-          Untuk mencegah agar sepatu tidak berbau , jangan memakai sepatu dengan kondisi kaki yang sedang basah, hal ini dapat menyebabkan bakteri berkembang dan akhirnya sepatu anda menjadi berbau tidak sedap. Bagi anda yang mempunyai masalah kaki yang selalu berkeringat, sebaiknya bersihkan dan keringkan kaki anda sebelum menggunakan sepatu.

-          Jangan memakai sepatu yang sama setiap hari, kendati Anda sangat menyukainya. Keringat dan kotoran dari kaki yang bersinggungan dengan sepatu akan mempercepat kerusakan sepatu. Selingi pemakaian dengan sepatu lainnya sebelum Anda memakainya kembali.

-          Jika sepatu Anda basah, lepaskan talinya (untuk sepatu bertali), keluarkan lidahnya, dan letakkan di depan kipas angin. Jika sol dalam memang bisa dicopot, keluarkan juga. Jika sudah hampir kering, ambil shoe tree, pasangkan pada sepatu Anda lalu biarkan kering dengan sendirinya.
selamat mencoba..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar