persembahanku..

semua berawal dari keinginan yang sangat besar
untuk mengkekspresikan apa yang ada dipikiran,
di hati, lingkungan dan pengalaman diri melalui tulisan...


tulislah apa yg kau lihat..
tulislah apa yg kau rasa..
tulislah apa yg kau pikirkan..

karena dengan tulisan kau bisa merangkul isi
dunia jika kau tak mampu untuk berbicara lebih banyak..


talk less write more..!!

Rabu, 22 Desember 2010

Nikmatnya Nasi kapau

Apabila menyebut Sumatera Barat pasti orang tahu bahwa itu adalah Padang, dan apabila orang mendengar atau menyebut padang pastinya orang selalu mengaitkannya dengan masakan. Ya sejak dahulu padang terkenal dengan masakannya. Rumah makan padang pun tumbuh di seantero pelosok negeri ini. Kemanapun kita melangkah, mulai dari sebang sampai merauke sekalipun tentu kita bisa menemui masakan atau Rumah makan padang. Bahkan masakan padang pun menembus luar negeri juga, semisal Malaysia, singapore, Australia, bahkan sampai ke Amerika juga. Disetiap rumah makan padang pastinya kebanyakan dari kita sudah tahu menu-menu apa saja yang ada, seperti rendang daging, gulai ikan, ayam balado, dan lain sebagainya. Namun kebanyakan dari kita pada umumnya hanya mengetahui masakan padang ya, itu-itu saja.. tetapi jika kita pergi ke daerah Sumatera Barat itu sendiri akan banyak masakan-masakan yang jauh lebih enak akan kita temui.Dari pengalaman saya sendiri yang kebetulan asli putra daerah Sumatera Barat Berikut  pada tulisan selanjutnya akan saya coba jelaskan sedikit dari sekian banyak masakan khas daerah Sumatera Barat yang rasanya boleh dibilang Lazizz alias Lezat yang  perlu Anda ketahui dan patut anda coba kenikmatan nya. bersiap-siaplah tergiur akan gambaran kenikmatan yang akan Anda temui..:-P
   Nasi Kapau
ialah nasi ramas khas nagari Kapau, Sumatera Barat terdiri dari nasi, sambal, dan lauk pauk khas Kapau, gulai sayur nangka (cubadak), gulai tunjang (urat kaki kerbau atau sapi), gulai cangcang (tulang dan daging kerbau), gulai babek (paruik kabau). Nasi kapau standar selalu dilengkapi gulai nangka ciri khas nasi kapau. Masakan yang khas dari Nasi kapau ini yaitu Gulai  usus atau biasa juga di sebut gulai (tambunsu) terbuat dari campuran telur ayam dan tahu yang dimasukkan ke usus sapi, selain itu ada juga gulai ikan, gulai tunjang, ayam panggang, teri balado, tongkol balado, dendeng balado, goreng belut, dan sambal lado hijau. Lauk nasi Kapau lainnya berupa ayam goreng, ayam goreng hijau gulai ayam, rendang ayam, rendang daging, dendeng basah cabai hijau, sup tulang iga, dan telur ikan. Beras nasi kapau harus bermutu tinggi, umumnya dikirim dari Bukittinggi dan Agam. Sedikit akan kita ketahui sejarah apakah nasi kapau itu dan kenapa sih disebut sebutan dengan nasi kapau?
Nagari Kapau
Seperti halnya Padang, Kapau adalah nama tempat. Nama sebuah nagari, Nagari Kapau, Kecamatan Tilatang Kamang, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Letaknya sekitar lima kilometer dari Bukittinggi. Dari Bukittinggi ke Payakumbuh lewat Jalan Soekarno-Hatta. Sampai simpang empat Tanjung Alam, beloklah ke kiri. Disanalah kita sudah memasuki kawasan Kapau. Udaranya yang sangat sejuk dan segar.
Dari Nagari Kapau, sajian Kapau dibawa ke Bukittinggi oleh ibu-ibu pedagang nasi. Mereka berjualan masuk keluar kampung dan pasar tradisional yang buka hanya setiap pekan, seperti Pasar Lasi, Pasar Baso, Pasar Biaro, atau Pasar Padang Luar.
Di Sumatera Barat sendiri pedagang nasi kapau dapat kita temui di Bukittinggi, yaitu berada  di Pasar Bawah. Disana banyak kita temui Uni-uni (ibu-ibu) berdagang nasi kapau di dalam panci besar yang disusun-susun. Karena memang disanalah pedagang nasi kapau terpusat. Satu yang membedakan nasi kapau ini dengan nasi padang yang kebanyakan kita temui di rumah makan padang pinggir jalan adalah bumbu dan olahannya yang lebih rumit dari pada nasi padang biasanya, bumbu-bumbu yang ada pada masakan nasi kapau lebih banyak dan berfariasi sehingga sewaktu disantap seakan kenikmatannya pecah dan melebur di dalam mulut kita. Memang harga seporsi nasi kapau ini lebih mahal dari nasi padang biasanya,yaitu kisaran Rp 20-30rb / porsinya. tetapi tetap saja kalau masalah lidah harga gak jadi masalah, terbukti nasi kapau tetap saja diminati para pecinta kuliner. Selain itu cara penyajian nasi kapau ini sangatlah unik, jika pada masakan padang kita melihat piring-piring disusun di etalase kaca, maka pada penyajian nasi kapau adalah panci-panci besar yang di susun pada sebuah meja yang berbentuk seolah sebuah menara meninggi ke atas. 
Dan para penjualnya berada ditengah-tengah susunan panci-panci tersebut, yang sengaja diberi ruang untuk tempat mereka mengambil pesanan para pembeli. Dan pada saat mengambil pesanan pembeli pada Panci-panci yang telah tertata itu, para uni-uni /penjualnya itu mengambil menggunakan sendok gulai bertangkai panjang dari tempurung kelapa digunakan untuk menyendokan gulai ke piring makan pembeli. 
Seakan nuansa hidup pada jaman dahulu mengiringi kenikmatan kita menyantap hidangan nasi kapau, dijamin apabila anda sudah menikmati nasi kapau anda pasti akan berusaha meluangkan waktu untuk mencari kesempatan untuk makan yang ke 2,3,4 kali dan seterusnya. Selamat mencoba..

2 komentar:

  1. Tambunsu, Kapau & Kuliner Padang ..
    https://posmusica.wordpress.com/2017/11/16/3478/

    BalasHapus
  2. Hi kak,

    Perkenalkan saya merlyn dari situs HL8 ingin menawarkan kerjasama dalam bentuk program affiliasi dimana anda bisa mendapatkan keuntungan komisi 40% flat dari kami setiap bulannya, Apabila anda tertarik silahkan hubungi kami di affiliate[a]hl8asia .com atau fb saya.

    Terima kasih atas perhatiannya

    merlyn

    BalasHapus