persembahanku..

semua berawal dari keinginan yang sangat besar
untuk mengkekspresikan apa yang ada dipikiran,
di hati, lingkungan dan pengalaman diri melalui tulisan...


tulislah apa yg kau lihat..
tulislah apa yg kau rasa..
tulislah apa yg kau pikirkan..

karena dengan tulisan kau bisa merangkul isi
dunia jika kau tak mampu untuk berbicara lebih banyak..


talk less write more..!!

Kamis, 04 November 2010

Proses Komunikasi Massa















 Sumber : blog.its.ac.id


1. Model Proses Efek kuat 
Pandangan proses satu arah memperlihatkan gambaran yang sederhana di mana audiens berada pada posisi sebagai penerima pesan yang bersikap pasif. Awal mulanya komunikasi di mulai dari tingkatan souce / komunikator. Jika kita berbicara tentang komunikasi massa, maka source disini adalah media massa. Dimana disini dapat kita lihat bahwa terpaan pesan dari media sangat kuat yang bergerak secara linear / langsung  dari satu titik ke titik lain hingga sampai kepada audiens. Dinamakan model proses komunikasi massa efek kuat, karena pesan yang diterima audiens adalah langsung mengikuti garis lurus. Sehingga di ibaratkan bahwa audiens pasif terhadap apa yang di produksi oleh media

2. Model Efek Terbatas
Pada model efek terbatas ini, sebenarnya skema perpindahan pesan tersebut hampir sama dengan model efek kuat. Dimana prosesnya melalui garis lurus dari titik satu ke titik lainya. Akan tetapi disini kebalikannya dari efek kuat. Pada model efek kuat, proses komunikasi berawal dari source / komunikator/ media itu sendiri. Akan tetapi pada proses efek terbatas ini proses komunikasi massa yang terjadi bermula dari audiens. Dengan asumsi bahwa audiens aktif, dan bebas memilih media mana yang mereka ingini dan cocok sesuai kebutuhan audiens.

3.Model selektif Interaksional
Pada model proses selektif interaksional ini berpandangan bahwa proses komunikasi yang terjadi berlangsung dua arah. Ada pesan yang berasal dari source dan ada pesan yang bersumber dari receiver 

4. Model Proses One Step

Model proses one step ini hubunga media dengan audiens bersifat langsung tanpa melewati saluran atau chanel
5. Model Proses Two step
 
Model proses dua tahap memperlihatkan bahwa audiens media tidaklah hanya orang – orang yang pasif saja akan tetapi sudaha ada orang-orang yang berpengaruh dalam masyarakat yaitu influencer atau tokoh-tokoh masyarakat. Yang menentukan efek dari pesan tersebut bukan lagi media akan tetapi masyarakat melalui tokoh-tokoh di dalam masyarakat tersebut. Yaitu influncer yang mempunyai pengaruh yang besar terhadap proses komunikasi tersebut.
6. Model Proses Multi Step
Pandangan proses banyak tahap memperlihatkan seolah audiens merupakan sejumlah besar anggota masyarakat yang kompleks dan yang di antara mereka berlangsung interaksi dan tidak saling terpisah, tak hanya berinteraksi dengan media (seperti dalam pandangan proses satu tahap).
Terpaan pesan dari media kepada audiens sejatinya sama, akan tetapi pada tingkat sesama audiens terdapat berbagai cara pandang yang berbeda satu sama lainnya, dan memungkinkan audiens untuk berinteraksi lagi sehingga proses pesan tersebut banyak tahapan lebih lanjutnya (multi step)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar