persembahanku..

semua berawal dari keinginan yang sangat besar
untuk mengkekspresikan apa yang ada dipikiran,
di hati, lingkungan dan pengalaman diri melalui tulisan...


tulislah apa yg kau lihat..
tulislah apa yg kau rasa..
tulislah apa yg kau pikirkan..

karena dengan tulisan kau bisa merangkul isi
dunia jika kau tak mampu untuk berbicara lebih banyak..


talk less write more..!!

Selasa, 28 Desember 2010

Dadiah, Yoghurt alami khas Minang

Masih banyak makanan atau masakan dari ranah minang yang belum banyak diketahui orang yang kelezatannya tidak perlu diragukan lagi.setelah pada tulisan sebelumnya saya telah mengenalkan dan coba menjelaskan masakan nasi kapau, gulai itiak lado mudo, dan rendang belut maka kali ini akan saya coba mengangkat salah satu makanan yang primadona di ranah minang tetapi belum semua orang mengetahuinya. Yaitu Dadiah.
Dadiah atau dadih adalah yoghurt yang terbuat dari susu kerbau khas minangkabau, Sumatera Barat. Dadiah difermentasi di dalam wadah dari bambu yang ditutup dengan daun pisang. Proses fermentasi ini selama kurang lebih 24 jam.
Dadiah biasanya dikonsumsi sebagai sarapan pagi, dimakan dengan nasi panas dan sambal. Selain sebagai bahan makanan dadiah juga berguna bagi kesehatan kita loh.. apa saja manfaat dadiah? Mari kita simak lebih lanjut
Dadiah Susu Fregmentasi yang kaya gizi dan manfaat
Aneka produk olahan susu fermentasi saat ini populer sebagai pangan fungsional yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Produk olahan susu fermentasi seperti yang telah kita ketahui banyak beredar dipasaran dan banyak dikonsumsi masyarakatnya dengan berbagai macam merk yang ada. dan Sebenarnya dikalangan masyarakat produk olahan susu fermentasi sudah lama dikenal. Masyarakat Sumatera Barat sudah lama mengenal dan mengkonsumsi produk susu kerbau fermentasi yang disebut dadih/dadiah.
Dadih merupakan pangan tradisional masyarakat Sumatera Barat. Dikalangan masyarakat perdesaan dadih seringkali dikonsumsi secara langsung atau sebagai lauk pauk pendamping nasi. Sebagai makanan tradisional dadih sudah dikonsumsi sejak lama oleh masyarakat daerah ini.
Kandungan gizi pada dadiah

ü  kadar air (84,35%),
ü  protein (5,93%),
ü   lemak (5,42%),
ü  karbohidrat (3,34%).
ü   Kadar keasaman (pH) dadih adalah 3,4. Di dalam dadih sudah berhasil diisolasi dan didentifikasi 36 strain bakteri pembentuk asam laktat

Manfaat Dadiah
Dari beberapa penelitian diketahui bahwa dadih mengandung bakteri asam laktat (BAL) yang potensial sebagai probiotik. Di dalam dadih terdapat bakteri asam laktat (salah satu jenis bakteri probiotik) yang berperan dalam pembentukan tekstur dan cita rasa. Bakteri asam laktat dan produk turunannya mampu mencegah timbulnya berbagai penyakit seperti mencegah enterik bakteri patogen, menurunkan kadar kolesterol di dalam darah, mencegah kanker usus, anti mutagen, anti karsinogenik dan meningkatkan daya tahan tubuh (Suryono, 2003). Selain itu, dadih diduga efektif sebagai antivaginitis (Suryono, 1996).
Penelitian yang dilakukan oleh Dr. Eni Harmayani dosen Fakultas Teknologi Pertanian UGM berhasil melakukan isolasi bakteri asam laktat (BAL) dari dadih. Bakteri tersebut dinamakan Lactobacillus sp. Dad 13. Selanjutnya berdasarkan uji invitro dan in vivo ternyata BAL dari dadih terbukti ampuh menurunkan kolesterol.
Percobaan pada hewan menunjukkan bahwa dadih efektif menurunkan kolesterol 39,8% pada hewan coba yang diberi pakan tanpa kolesterol dan 13,4% pada hewan yang diberi pakan tinggi kolesterol. Sedangkan pemberian susu fermentasi oleh probiotik dari dadih yang dipasteurisasi dan disterilisasi mampu menurunkan kolesterol sebanyak 42-45% pada pakan tinggi kolesterol dan 50-53% pada pakan tanpa kolesterol (www.ugm.ac.id).
Konsumsi dadih secara langsung tidak menimbulkan diare atau keracunan. Diduga asam laktat yang terdapat di dalam dadih mampu mengalahkan bakteri jahat yang terdapat di dalam susu. Bakteri probiotik di dalam dadih mampu bertahan di dalam saluran pencernaan manusia.
Itulah sedikit dari sekian banyak masakan / bahan makanan yang berasal dari daerah Minang kabau yang belum mungkin belum diketahui oleh orang banyak. Yang tentu nikmat dan juga bermanfaat separti dadiah ini. Semoga dapat menambah pengetahuan dan memperkaya pengetahuan kita tentang aneka ragam kuliner yang ada di sumatra barat khususnya dan Negeri kita ini Indonesia umumnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar